TIPS MEMBACA CEPAT dengan "TEKNIK SUPER ACCELERATE LEARNING"

Image result for buku jendela ilmu
       Membaca cepat adalah keterampilan yang sangat bermanfaat untuk kebutuhan membaca sekilas dan biasanya mencegah kita merasa bosan. Salah satu tekniknya adalah dengan membaca super gaya accelerate learning. Merupakan metode belajar baru ciptaan dari seorang bernama Dr. George Lozanov seorangb psikiater asal Bulgaria, ia mengenalkan terobosan belajar salah satunya dengan penggunaan musik dalam belajar. Metode seperti ini bisa menciptakan suasana senang dalam belajar, munculkan gairah,minat,motivasi, dan hal-hal yang berhubungan dengan kepercayaan diri bahwa "AKU BISA" dalam belajar.
Image result for buku jendela ilmu
       Sedangkan dalam pelaksanaannya sendiri, teknik membaca super Accelerate Learning mempunyai beberapa step diantaranya:
       1. Ciptakan gambaran atau temukan gagasan utama dari bahan baca (The Big Picture). Dengan kata lain, baca tinjauannya. Apa ide intinya? step prtama ini memerlukan waktu kira-kira 5-10 menit.
       2. Lihat sekilas bahan -bahan yang ada di buku tersebut. Baca secar cepat teks di bahan baca bab pertama dengan kecepatan sekitar 6 detik perhalaman. Yang harus dicari adalah gagasan dan fakta kunci. Anda harus bisa menentukan apakah buku ini akan menambah pengetahuan anda. Waktu untuk step kedua in9i kira-kira 3 menit perbabnya.
       3. Buatlah sketsa mengenai hal-hal yang anda ketahui. Anda bisa menggunakan imajinasi anda untuk memecahkan kalimat-kalimatb yang memerlukan penggambaran atau visualisasi. Cobalah gunakan imajinasi anda dengan bersenjatakan kata "ANDAIKAN"
Image result for orang membaca banyak buku       4. Siapkan pertanyaan. Apa saja gagasan utamanya? bukti apa saja yang mendukung? apakah faktanya actual? apakah kesimpulannya sudah di uji? apakah hal-hal baru yang bisa saya ambil
? Apa yang dapat sya manfaatkan dari sini? Setiap babnya memerlukan waktu 3 menit.
       5. Bacalah secara cepat teks yang ada di setiap bab. Bacalah dengan kecepatan sekitar 15-20 detik perhalaman. Ditahap ini anda dapat menggaris bawahi gagasan-gagasan baru dan menuliskan tanda tanya. Waktunya 8 menit untuk setiap babnya.
       6. Tinjaulah kembali apa yang pernah dibaca secara cepat. Baca kembali bab tersebut, dengan cara mengamati lebih cermat pada bagian yang sulit dan lebih mencermati kaitan antara berbagai gagasan dan argumen, yaitu untuk memahami pola argumen tersebut. Bacalah dengan bersuara pada bagian yang sulit dipahami. Waktunya 8 menit untuk setiap babnya.
       7. Buatlah catatan penting untuk apa yang telah dibaca. Untuk mempermudah buatlah dalam bentuk peta belajar atau mind map jika anda suka. Waktu untuk step ini 10 menit.
       8. Ulangi pembacaan. Pada hari berikutnya lihatlah kembali catatan anda selama 10 menit. Tambahkan 5-10 menit untuk seminggu yang akan datang, dan 5-10 menit lagi untuk sebulan kemudian. Wktu untuk seluruh buku adalah 30 menit.
       Cara membaca dengan 8 step ini akan membuat anda memahami buku ajar 250 halaman dengan tingkat tinggi, dengan waktu total 360 menit termasuk membuat catatan (kira-kira 6 jam). Ini berarti 2 kali lebih cepat daripada orang tidak terlatih yang membaca buku ajar 250 halaman SATU KALI. Namun, anda mungkin akan mengulangi materinya setidaknya 4 kali dan membuat catatan penting secara visual.
SEMOGA BERMANFAAT & SELAMAT MEMPRAKTIKKAN...     

Comments

Popular posts from this blog

SMP UNGGULAN BERBASIS PESANTREN AMANATUL UMMAH

Pengaruh Blog dalam Berkarya Sastra

Bali land