Dampak Smartphone Bagi Pelajar

Pengaruh Smartphone Terhadap Prestasi Belajar


            Smartphone. Smartphone atau telepon pintar adalah telepon genggam yang mempunyai fungsi menyerupai computer. Pengaruh besar penggunaan teknologi ini menimpa para pelajar. Smartphone memiliki banyak fitur yang memfasilitasi para penggunanya terhubung dengan internet lebih mudah, kapan saja, dan dimana saja.
    Seiring perkembangan iptek muncul perangkat mutakhir yang memiliki kemampuan operasi melaju cepat. Salah satu teknologi canggih tersebut adalah
                Kemampuan teknologi smartphone sangat pesat menimbulkan dampak positif bagi para penggunanya. Sebagai alat komunikasi , gadget ini menjadi amalan siswa berinteraksi dengan teman-temannya. Alat ini mempermudah siswa mengoordinasi teman-teman saat belajar kelompok atau mengerjakan tugas bersama. Di luar jam sekolah, siswa bisa berkomunikasi menanyakan materi tugas atau PR tanpa harus keluar rumah menghabiskan waktu. Smartphone juga bisa menyimpan data atau informasi penting, seperti catatan materi pelajaran sehingga mudah dibawa dan dibaca di mana dan kapan pun berada. Saat ini telah diproduksi banyak smartphone berfitur internet. Kecanggihan alat ini memudahkan siswa mencari informasi tentang materi pelajaran melalui internet.
                Smartphone memenag memiliki pengaruh sangat besar bagi para siswa. Akan tetapi dilihat dari fungsi edukatif, smartphone sangat merugikan. Pengaruh yang sangat menonjol adalah fitur internetnya. Walupun memudahkan siswa mencari informasi pelajaran, pada kenyataannya hampir semua siswa menggunakan fitur ini untuk hiburan semata. Faktanya, prestasi siswa menurun karena terlalu asyik dengan dunia smartphone, misalnya jejaring sosial yang kini sedang marak:facebook,instagram,twitter,line,BBM,whats app, dan lain-lain. Selain itu internet, fitur game pun memengaruhi prestasi belajar. Sama seperti internet, game tidak akan merugikan jika digunakan sesuai aturan dan batasan. Namun umumnya siswa malah keasyikan bermain game online dan lupa belajar. Unsur negative lainnya seperti penggunaan smartphone saat ujian. Keberadaan gadget yang digunakan untuk menyontek mungkin meningkatkan nilai, tetapi memperburuk mental siswa. Mereka menjadi tergantung dengan teman atau sontekan yang disiapkan dalam smartphone. Nilai bagus tidak seiring dengan kecerdasan tentu sangat merugikan.
                Uraian di atas merupakan beberapa pengaruh smartphone terhadap prestasi belajar siswa. Smartphone memang mempermudah, tetapi penggunaannya harus diawasi agar tidak menimbulkan banyak kerugian. Peranan orang tua sangatlah dibutuhkan untuk memilih dan memilah aplikasi yang digunakan dalam smartphone. Di lingkungan sekolah, Sebaiknya pengawasan harus lebih ditingkatkan lagi agar kalangan pelajar tidak asyik sendiri dengan smartphone-nya. Guru harus melakukan tindakan lebih tegas jika ada siswa sedang asyik menggunakan smartphone saat jam pelajaran. Tindakan ini dimaksudkan agar pelajar menggunakan smartphone pada waktu tepat.

Comments

Popular posts from this blog

SMP UNGGULAN BERBASIS PESANTREN AMANATUL UMMAH

Pengaruh Blog dalam Berkarya Sastra

Bali land